Sun Tzu, The Art of War

Posted By: Jackson Wang In: Strategi Penjualan On: Comment: 0 Hit: 517

Sun Tzu, The Art of War (Sun Tzu Art of War)

Mari kita simak Strategi Sun Tzu, The Art of War

  1. Seni tertinggi perang adalah untuk menaklukkan musuh tanpa pertempuran.

  2. Tampak lemah ketika Anda kuat dan kuat ketika Anda lemah.

  3. Jika Anda tahu musuh dan mengenal diri sendiri, Anda tidak perlu takut hasil dari seratus pertempuran. Jika Anda mengenal diri sendiri, tapi bukan mengenal musuh, untuk setiap kemenangan yang diperoleh, Anda pun akan menderita kekalahan. Jika Anda tidak tahu akan musuh maupun diri sendiri, Anda akan menyerah dalam setiap pertempuran.

  4. Keunggulan terbesar terdiri dari memecah perlawanan musuh tanpa pertempuran.

  5. Semua perang didasarkan pada tipu daya.

  6. Biarkan rencana Anda menjadi gelap dan tak tertembus bagaikan malam, dan ketika Anda bergerak, bergeraklah layaknya petir menyambar.

  7. Usahakah memiliki teman dekat, begitu juga musuh Anda tetap di dekat Anda.

  8. Seorang pemimpin memimpin dengan contoh, bukan dengan kekuatan.

  9. Untuk mengetahui Musuh Anda, Anda harus menjadi musuh Anda sendiri.

  10. Bisakah Anda bayangkan apa yang akan saya lakukan jika saya bisa melakukan semua yang saya bisa?

  1. Peluang akan berkembang biak saat peluang tersebut direbut.

  2. Bahkan pedang terbaik jatuh ke air garam, pada akhirnya akan berkarat.

  3. Ada lima hal penting untuk kemenangan:

  • Sang pemenang tahu kapan harus melawan dan kapan tidak melawan.

  • Sang pemenang tahu bagaimana menangani keduanya kekuatan superior dan inferior.

  • Sang pemenang adalah mereka yang memiliki tentara dengan semangat yang sama di seluruh jajarannya.

  • Sang pemenang adalah mereka yang mempersiapkan dirinya sambil menunggu keadaan dimana musuh tidak siap.

  • Sang pemenang adalah mereka yang memiliki kapasitas militer dan tidak diganggu oleh penguasa.

Strategi tanpa taktik adalah rute paling lambat menuju kemenangan. Taktik tanpa strategi adalah suara sebelum kekalahan.

Libatkan orang dengan apa yang mereka harapkan; Itulah yang bisa mereka lihat dan diproyeksikan dalam pikiran mereka. Pikiran tersebut mengendap dan memenuhi pikiran mereka.

Bila musuh terlihat kuat, hindari mereka. Jika mereka memiliki semangat tinggi, tekan mereka. Perlihatkan diri Anda dengan rendah hati agar mereka merasa berbangga diri. Jika mereka bersatu, pisahkan mereka. Serang kelemahan mereka. Kejutkan mereka dengan kemunculan Anda.

Kenali diri sendiri dan Anda akan memenangkan semua pertempuran.

  1. Ketika musuh sedang bersantai, buatlah mereka bekerja keras. Ketika mereka merasa kenyang, buatlah mereka kelaparan. Bila mereka sedang tenang, buatlah mereka bergerak.

  2. Bergerak cepat seperti angin dan berkamuflase seperti pohon. Menyerang seperti api dan tetap teguh seperti gunung.

  3. Semua perang didasarkan pada tipu daya. Oleh karena itu, ketika mampu menyerang, kita harus tampak tidak mampu ketika menggunakan kekuatan kita. Kita harus tampak tidak aktif. Ketika kita dekat, kita harus membuat musuh percaya bahwa kita jauh, ketika kita masih jauh, kita harus membuat musuh percaya bahwa kita dekat.

  4. Tidak ada negara yang memperoleh manfaat dari perang yang berkepanjangan.

  5. Membangun jembatan emas untuk mundur bagi lawan Anda.

  6. Anda harus percaya pada diri sendiri.

  7. Jika musuh Anda aman di semua titik, bersiaplah untuknya. Jika dia memiliki kekuatan yang superior, hindarilah dia. Jika lawan Anda temperamental, usahakan mengiritasi dia. Berpura-pura terlihat lemah untuk membuat mereka berbangga hati. Jika musuh merasa nyaman, jangan beri dia waktu untuk istirahat. Jika pasukannya bersatu, pisahkan mereka. Jika mereka tunduk pada suatu kedaulatan, buatlah mereka agar terbagi. Serang pada titik ketidaksiapan mereka dan muncul di tempat yang tidak terduga.

  8. Jadilah sangat halus bahkan sampai tak berbentuk. Jadilah sangat misterius bahkan sampai tidak terdengar sedikitpun. Dengan demikian Anda bisa menentukan nasib lawan.

  1. Tidak lebih dari lima not musik, namun kombinasi kelima not ini memunculkan melodi yang lebih banyak daripada yang pernah terdengar. Tidak lebih dari lima warna primer, namun dalam kombinasi mereka menghasilkan lebih banyak warna daripada yang pernah dapat dilihat.

  2. Kemenangan terbesar terjadi ketika kita tidak melakukan pertempuran.

  3. Bila Anda mengelilingi tentara, buatlah sebuah jalan keluar bagi mereka. Jangan menekan musuh terlalu keras dan membuat mereka putus asa.

  4. Semua peperangan didasarkan pada penipuan.

  5. Perlakukan orang-orang Anda seperti anak-anak Anda yang terkasih. Dan mereka akan mengikuti Anda ke lembah terdalam.

 

Strategi Berharga dari Sun Tzu

Menggunakan strategi Sun Tzu dalam bisnis bukanlah barang baru. Ada banyak bukti bahwa The Art of War memberikan kontribusi terhadap cara berpikir pemimpin-pemimpin modern. The Art of War merupakan bacaan wajib untuk mengikuti kursus tentang kewirausahaan di Columbia University.

The Art of War merupakan karya klasik bukan saja tentang strategi melainkan juga tentang kesederhanaan. Kesederhanaan The Art of War menjadikan pelajaran-pelajaran Sun Tzu langsung dapat dijabarkan menjadi strategi bisnis. Prinsip-prinsip Sun Tzu memantapkan landasan yang kokoh untuk memahami aturan-aturan strategi bisnis di milenium baru. Pelajaran-pelajaran Sun Tzu sudah ribuan usianya, dan ujian waktulah yang menjadikannya berharga bagi manajer bisnis.

Tags: strategi

Comments

Leave your comment